UPGRADING KOMPETENSI HUMAS UNTUK KINERJA YANG MAKIN BAIK

Denpasar, 12/03/2020—Kantor Wilayah Bea Cukai Bali, NTB, NTT menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Kehumasan dengan tema “Upgrading Kompetensi Humas Untuk Kinerja Yang Makin Baik”di Aula Kintamani Kantor Bea Cukai Denpasar pada tanggal 11 Maret s.d 12 Maret 2020. Acara yang dilaksanakan selama dua hari tersebut, dihadiri oleh seluruh Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi dan perwakilan pelaksana dari seluruh kantor di lingkungan Kantor Wilayah Bea Cukai Bali, NTB, NTT. Acara tersebut dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Bali, NTB, NTT, Hendra Prasmono , Kepala Kantor Bea Cukai Denpasar, Kusuma Santi Wahyuningsih, dan Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Kantor Wilayah Bali, NTB, NTT, Sulaiman.

 


Pada hari pertama, acara tersebut membahas mengenai Ilmu Jurnalistik yang harus dimiliki oleh seluruh pejabat dan pegawai dalam seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi. Materi Jurnalistik tersebut disampaikan oleh perwakilan dari Direktorat Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga yaitu Shofa A.R yang berfokus pada kaidah penulisan dalam Jurnalistik. Kemudian, keesokan harinya tanggal 12 Maret 2020 kegiatan tersebut berfokus pada Ilmu Public Speaking yang harus dikuasai oleh seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Kantor Wilayah Bea Cukai Bali, NTB, NTT khususnya seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi. Materi terkait Public Speaking disampaikan oleh Kepala Kantor Bea Cukai Ngurah Rai, Himawan Indarjono, Kepala Seksi Humas Kanwil Bea Cukai Bali, NTB, NTT Wachid Kurniawan, dan Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Ngurah Rai, Teddy Triatmojo.
Dalam pembahasan mengenai Public Speaking pemateri memfokuskan bahwa modal utama dari Public Speaking adalah Percaya Diri. Public Speaking memiliki 3 fokus utama diantaranya SEO yaitu (Smile, Eye Contact, Open Posture). Bahwa sebagai public speaker kita diharuskan untuk bisa menarik perhatian audience, mencairkan suasana agar pesan bisa tersampaikan dengan baik. Sebagai public speaker juga harus menjaga tata bahasa serta intonasi dalam menyampaikan pesan. Sebagai instansi Pemerintah, Bea Cukai memiliki aturan dalam bidang Kehumasan yang harus dipatuhi oleh seluruh pejabat dan pegawai Bea Cukai dalam men-deliver pesan yang ingin disampaikan untuk mejaga reputasi Bea Cukai Makin Baik.
Acara tersebut ditutup oleh Kepala Bidang Kepabeanan dan Cukai Kantor Wilayah Bea Cukai Bali, NTB,NTT, Sulaiman. Beliau berharap bahwa setelah mengikuti kegiatan ini, seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Kantor Wilayah Bea Cukai Bali, NTB, NTT dapat menerapkan ilmu-ilmu yang sudah diajarkan guna untuk kepentingan institusi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai pada umumnya dan di unit kantor masing-masing pada khususnya. Humas Kuat, Kanwil Bali Nusra Hebat !

#BeaCukaiMakinBaik
#BeaCukaiRI
#BeaCukaiDenpasarBRIGHT

Top
Loading...