SINERGI BEA CUKAI DENPASAR DENGAN BADAN KEAMANAN LAUT RI

Denpasar (18/05/2021), Kantor Bea Cukai Denpasar menerima kunjungan dari Badan Keamanan Laut (BAKAMLA) Republik lndonesia yang dipimpin Kasubdit Monitoring dan Evaluasi Kebijakan Kamla Kolonel Bakamla Satya Pratama, S.Sos., M.Si.

Kujungan tersebut dilakukan dalam rangka penyusunan dan implementasi kebijakan Rencana lnduk Operasi Nasional guna menjamin keamanan dan keselamatan di laut, sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2014 tentang Kelautan.

Keberhasilan pelaksanaan patroli laut ditandai dengan hadirnya unsur operasi seluruh instansi yang memiliki kewenangan penegakan hukum di laut yang semakin efektif apabila dilaksanakan secara sinergis dan terintegrasi.

Kantor Bea Cukai Denpasar sebagai satuan kerja vertikal Direktorat Jenderal Bea dan Cukai merupakan salah satu instansi yang memiliki kewenangan penegakan hukum di laut akan terus berperan secara aktif melaksanakan kegiatan pengawasan di laut, baik dengan skema patroli laut mandiri maupun terkoordinasi dengan instansi lain.

DJBC berkomitmen untuk melaksanakan pengawasan terhadap kegiatan impor dan ekspor yang dapat berdampak negatif atau berbahaya bagi kesehatan, keamanan dan keselamatan masyarakat dengan mengedepankan pendekatan prosperity yaitu pengawasan dan penegakan hukum di laut yang dititikberatkan pada kesejahteraan Negara.

Dalam kunjungan tersebut dilaksanakan diskusi mengenai Rencana lnduk Operasi Nasional, update peta kerawanan laut dan rencana kerjasama operasi mengingat perairan Bali merupakan bagian dari ALKI II yang ramai dilintasi oleh kapal-kapal yang berpotensi melakukan pelanggaran hukum.

Top
Loading...