Peran SEMARAK BALI, Inovasi Bea Cukai Denpasar untuk  Peningkatan Kesejahteraan Rakyat Bali

Karangasem, (16/06/2021) – Bea Cukai Denpasar kembali menunjukkan perannya dalam meningkatkan kesejahteraan Rakyat melalui inovasi SEMARAK BALI (Sejahterakan Masyarakat melalui Arak Bali) dengan melakukan asistensi dan mempertemukan antara petani/perajin arak yg tergabung dalam Koperasi Poetra Desa Wisata dengan perusahaan yang telah memiliki ijin produksi dan NPPBKC.

Bea Cukai Denpasar mengikuti kegiatan peresmian agowisata dan/atau agroindustri pedesaan berbasis pertanian dan kearifan lokal Bali yang diadakan di desa penghasil salak yaitu Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem. Model yang dikembangkan Koperasi Poetra Desa Wisata di Kabupaten Karangasem, Bali.

Program ini merupakan pelaksanaan dari Peraturan Gubernur Bali Nomor 99 Tahun 2018 tentang Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan, dan Industri Lokal Bali; dan Peraturan Gubernur Bali Nomor 1 Tahun 2020 tentang Minuman Fermentasi dan/atau Destilasi Khas Bali. Bahan baku yang digunakan sebagai arak adalah salak Bali.

Dalam kegiatan ini sekaligus dilakukan penandatanganan MOU antara Koperasi Poetra Desa Wisata  dengan keempat perusahaan yang telah memiliki ijin produksi dan NPPBKC yaitu: UD. Nikki Sake, CV. Dukuh Lestari, PT. Lovina Industri Sukses, dan UD. Partha Jaya.

Penandatanganan ini disaksikan dan dihadiri oleh Kepala Kantor Bea Cukai Denpasar, Ibu Kusuma Santi dan Tim, Kepala Koperasi Poetra Desa Wisata, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali, Wakil Bupati Karangasem, BPOM, Disperindag, Camat Bebandem, Ditreskrimsus Polda Bali, dan berbagai pihak terkait lainnya.

Acara kemudian dilajutkan dengan peninjauan alat produksi mulai dari pemerasan sari buah salak, fermentasi hingga destilasi sehingga diperoleh arak dengan kualitas yang bagus dan terstandarisasi.

Langkah berikutnya diharapkan dapat tercipta daya tarik wisata terhadap produk-produk tradisional yg bernilai tinggi disertai potensi pemasaran keluar negeri atau ekspor yang mampu turut meningkatkan perekonomian nasional melalui kearifan lokal yang ada.

Top
Loading...