Kunjungan Tim Kanal BC ke Bea Cukai Denpasar.

Denpasar (30-11-2020) Kunjungan Tim Kanal BC ke Bea Cukai Denpasar. Selama 2 hari mulai 25 s.d. 26 November 2020 Bea Cukai Denpasar menerima kunjungan Tim Kanal BC untuk meliput kegiatan klinik ekspor dan upaya Bea Cukai Denpasar mendukung UMKM dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).
Kunjungan ini merupakan apresiasi atas segala upaya Bea Cukai Denpasar dalam meningkatkan ekspor, utamanya komoditas asli Bali. Hari pertama kunjungan dilakukan wawancara oleh Tim Kanal BC dengan Kepala Bea Cukai Denpasar Kusuma Santi Wahyuningsih mengenai Klinik Ekspor BC Denpasar. Kusuma Santi Wahyuningsih menjelaskan tentang sejarah berdirinya Klinik Ekspor BC Denpasar, apa yang melatar belakangi, tujuan, upaya dan hasil yang telah dicapai serta improvement kedepannya. Wawancaranya juga diikuti oleh salah satu UMKM yang berhasil diasistensi melalui Klinik Ekspor yakni Koperasi Kerta Semaya Samaniya di Jembrana melalui zoom. Dalam wawancara tersebut Koperasi Kerta Semaya Samaniya yang merupakan eksportir kakao organik menjelaskan peran aktif Klinik Ekspor Bea Cukai Denpasar dalam membantu kelancaran proses ekspor, mulai dari memfasilitasi FGD dengan berbagai pihak baik dengan buyer, Karantina, LPEI, dan beberap instansi lain sehingga segala hambatan baik menyangkut barang maupun perijinan langsung dapat diatasi.
Pada hari kedua kunjungan, Tim Kanal BC didampingi Ibu Kepala Kantor mengunjungi eksportir karang dan ikan hias yakni PT Agung Aquatic Marine di Denpasar. Dalam wawancaranya, PT Agung Aquatic Marine menyampaikan apresiasi kepada Bea Cukai Denpasar atas segala upaya dalam memajukan ekspor karang hias di Bali. Bea Cukai Depasar membentuk klinik ekspor, melakukan asistensi, pendampingan, hingga menginisiasi FGD dengan berbagai pihak, dampak positifnya PT Agung Aquatic Marine mampu bertahan di masa pandemi. Kusuma Santi Wahyuningsih menambahkan “PT Agung Aquatic Marine adalah salah satu contoh nyata bahwa dengan menyamakan visi dan semangat bersama kita mampu segera bangkit dari kesulitan ekonomi melalui ekspor. Bea Cukai Denpasar siap mendukung ekspor sebagai upaya bersama dalam mensukseskan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).”

Top