Kegiatan Pelatihan Penanganan Kebakaran Kecil Bea Cukai Denpasar

Denpasar, 9/8/2019
Telah dilaksanakan pelatihan penanganan kebakaran kecil di Halaman KPPBC TMP A Denpasar kepada para pejabat pegawai Bea Cukai Denpasar. Pelatihan ini dipandu oleh I Nyoman Saja Asmara dari CV. Utama Fire Service yang dilaksanakan setelah senam pagi.

Bapak Nyoman menyampaikan beberapa materi seperti definisi kebakaran dan api, serta elemen pembentuk api (fire triangle).

Kebakaran ialah nyala api baik kecil maupun besar pada tempat, situasi dan waktu yang tidak diinginkan dan umumnya bersifat merugikan dan sulit dikendalikan.

Api adalah suatu reaksi berantai yang berjalan sangat cepat, seimbang, dan kontinyu antara tiga bahan pembentuk api, yaitu Bahan Bakar, Energi Panas, dan Oksigen.

Reaksi antara ketiga elemen tersebut hanya akan menghasilkan suatu nyala api apabila kadar elemen-elemennya seimbang. Bila salah satu elemen kadarnya berkurang, maka nyala api akan padam dengan sendirinya.

Selain materi, Bapak Nyoman juga mempraktikkan pencegahan kebakaran pada kompor gas serta penggunaan karung basah dan APAR.

Dari pelatihan ini, semoga para pejabat dan pegawai Bea Cukai Denpasar di manapun berada, lebih sigap dan tidak panik apabila terjadi kebakaran kecil. Bapak Nyoman juga menghimbau kepada masyarakat khususnya yang berada di daerah Badung, agar mendownload aplikasi “DAMKAR BADUNG” di play store untuk memudahkan masyarakat untuk menghubungi damkar badung apabila terjadi kebakaran besar atau untuk mempelajari seputar kebakaran.

Bea Cukai, MAKIN BAIK!

Top
Loading...