Forum Perangkat Daerah Urusan Perindustrian dan Perdagangan

Denpasar, 26/2/2020 – Bea Cukai Denpasar yang diwakilkan oleh Kepala Seksi PKC I, I Nyoman Chandra hadiri Forum Perangkat Daerah Urusan Perindustrian dan Perdagangan di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali pada Rabu (26/2) pukul 10.00 – 13.30 WITA.
Forum ini dihadiri oleh Bappeda Prov. Bali, Dinas Koperasi, Dinas Pariwisata, Dinas Pertanian, Dinas Penanaman Modal Prov. Bali, BULOG, Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Perusda Bali, Dewan Kerajinan Nasional Daerah dan Perindustrian Kabupaten : Badung, Karangasem, Tabanan, Buleleng, Gianyar, dan Kota Denpasar serta asosiasi seperti KADIN Bali, Asosiasi Perak Bali, APRINDO, dan Persatuan Kosmetik Indonesia.
Tujuan forum ini adalah untuk memperoleh saran/masukan dalam rangka penajaman sasaran rencana aksi program kerja Disperindag Prov. Bali. Selanjutnya, Kepala Disperindag Prov. Bali menyampaikan materi berupa tugas dan fungsi disperindag, isu strategis bidang perindustrian dan perdagangan, peran Dispeindag dalam visi dan misi pembangunan Bali 2018-2023, serta program kerja dan agenda pembangunan Disperindag tahun 2020.
Di antara 10 program kerja yang disampaikan, di antaranya :
1. Melaksanakan program dalam APBD;
2. Pembentukan sentra sandang dan industri kerajinan rakyat;
3. Pembangunan industri pemintalan benang dan bahan baku tekstil;
4. Pembangunan industri pangan berbasis budaya branding Bali (arak, brem, wine, jus, kopi, kakao, garam, dll) untuk kebutuhan domestik dan ekspor;
5. Pembangunan industri sandang berbasis budaya branding Bali (songket, endek, sepatu, jam tangan, tas, pakaian jadi, dll) untuk kebutuhan domestik dan ekspor;
6. Membuka akses pasar dalam negeri dan ekspor;
7. Melaksanakan pameran produk industri kerajinan bertaraf nasional dan internasional;
8. Pengembangan desain produk dan kemasan;
9. Menginisiasi usulan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI); dan
10. Menyiapkan program pelaksanaan dan rencana aksi pelaksanaan Pergub Bali tentang Tata Kelola Minuman Fermentasi dan/atau Destilasi Khas Bali.
Dari proker tersebut, Kepala Disperindag ingin membentuk sentra sandang dan mendukung industri kerajinan rakyat guna memperkenalkan produk bercirikan Khas Bali. Dukungan tersebut berupa akan diadakannya fasilitas pameran pangan nusa, fasilitas pasar lelang, dan fasilitas pemasaran produk dalam negeri.

Top
Loading...