Bea Cukai menanggapi mengenai wabah virus Covid-19 (Corona Virus Disease 2019)

Denpasar, 09/03/2020 – Dalam menanggapi mengenai wabah virus Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) yang ramai di Indonesia akhir-akhir ini, Bea Cukai Denpasar meningkatkan pengawasan dan pelayanan terhadap penumpang dan barang penumpang pada Terminal Cruise Benoa.
Upaya tersebut mulai dilakukan tepat pada hari Sabtu, 7 Maret 2020 s.d Minggu 8 Maret 2020. Bea Cukai Denpasar bekerjasama dengan pihak/instansi lain yang terlibat di Pelabuhan Benoa, diawali dengan rapat persiapan di Kantor KSOP Benoa pada Hari Kamis, 5 Maret 2020. Rapat tersebut membahas mengenai isu penumpang Kapal Cruise Viking Sun suspect Corona yang beredar di masyarakat sehingga kapal tersebut ditolak di Semarang dan Surabaya, ternyata setelah di konfirmasi bahwa informasi tersebut tidak benar adanya. Dalam rapat tersebut yang dihadiri CIQ dan KSOP serta Pelindo dan agen kapal lainnya menegaskan bahwa SOP dan ISPS (International Ship and Port Security) akan diikuti secara penuh. Menanggapi isu yang beredar Badan Karantina Kesehatan menyatakan bahwa pada Sabtu pagi, 7 Maret 2020 tidak ditemukan suspect Virus Covid-19 pada Viking Sun maupun cruise lainnya yaitu Albatros, sehingga kegiatan City Tour dapat tetap dilakukan oleh penumpang.
Hal-hal yang dilakukan untuk mengantisipasi virus Covid-19 yang masuk melalui Pelabuhan Benoa antara lain,
1. Melakukan pemeriksaan paspor penumpang kapal cruise oleh petugas Imigrasi,
2. Melakukan cek kondisi badan dengan alat pemindai suhu tubuh oleh Karantina Kesehatan,
3. Bea Cukai melakukan pemeriksaan barang bawaan terhadap 600 penumpang yang turun kapal.
Bea Cukai Denpasar tetap berupaya selalu menjaga komitmen dalam menjalankan misi DJBC sebagai Revenue Collector, Industrial and Trade Assistance serta Community Protector yaitu menjaga wilayah NKRI dari masuknya barang larangan dan pembatasan serta selalu berupaya mendukung kegiatan pariwisata nasional khususnya pariwisata di Provinsi Bali.
#BCDenpasar #BCDpsBRIGHT #BeaCukaiMakinBaik #VirusCovid-19 #SuspectCorona #PelabuhanBenoa #KapalCruise

Top
Loading...